Asia: Geografi Fisik

Asia: Geografi Fisik

Asia adalah benua terbesar di dunia , meliputi sekitar 30 persen dari luas daratan bumi. Ini juga merupakan benua terpadat di dunia , dengan sekitar 60 persen slot dari total populasi.

Asia membentuk bagian timur superbenua Eurasia ; Eropa menempati bagian barat. The perbatasan antara dua benua diperdebatkan. Namun, sebagian besar ahli geografi mendefinisikan perbatasan barat Asia sebagai garis tidak langsung yang mengikuti Pegunungan Ural, Pegunungan Kaukasus, dan Laut Kaspia dan Hitam. Asia berbatasan dengan Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia. Geografi fisik

Asia , lingkungan dan sumber daya, dan geografi manusia dapat dipertimbangkan secara terpisah.

Asia dapat dibagi menjadi lima wilayah fisik utama: sistem pegunungan; dataran tinggi; dataran, stepa, dan gurun; lingkungan air tawar; dan lingkungan air asin.

Gunung Sistem

Gunung Sistem

The Himalaya gunung memperpanjang selama sekitar 2.500 kilometer (1.550 mil), memisahkan anak benua India dari seluruh Asia. Anak benua India, pernah terhubung ke Afrika, bertabrakan dengan benua Eurasia sekitar 50 juta hingga 55 juta tahun yang lalu, membentuk Himalaya. Anak benua India masih menerjang ke utara ke Asia, dan Himalaya tumbuh sekitar 5 sentimeter (2 inci) setiap tahun.

Himalaya mencakup lebih dari 612.000 kilometer persegi (236.000 mil persegi), melewati negara bagian utara India dan membentuk sebagian besar wilayah Nepal dan Bhutan. Himalaya sangat luas sehingga terdiri dari tiga sabuk gunung yang berbeda. Sabuk paling utara, yang dikenal sebagai Great Himalaya, memiliki ketinggian rata – rata tertinggi pada 6.096 meter (20.000 kaki). Sabuk ini berisi sembilan puncak tertinggi di dunia, yang semuanya mencapai ketinggian lebih dari 7.925 meter (26.000 kaki). Sabuk ini termasuk puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, yang tingginya 8.850 meter (29.035 kaki).

Sistem pegunungan Tien Shan membentang sekitar 2.400 kilometer (1.500 mil), melintasi perbatasan antara Kirgistan dan Cina. Nama Tien Shan berarti “Pegunungan Surgawi” dalam bahasa Cina. Dua puncak tertinggi di Tien Shan adalah Victory Peak, yang berdiri di 7.439 meter (24.406 kaki), dan Khan Tängiri Peak, yang berdiri di 6.995 meter (22.949 kaki). Tien Shan juga memiliki lebih dari 10.100 kilometer persegi (3.900 mil persegi) gletser. Gletser terbesar adalah Gletser Engil’chek, yang panjangnya sekitar 60 kilometer (37 mil).

Pegunungan Ural membentang sekitar 2.500 kilometer (1.550 mil) di garis utara-selatan tidak langsung dari Rusia ke Kazakhstan. Pegunungan Ural adalah beberapa yang tertua di dunia, dengan usia 250 juta hingga 300 juta tahun. Jutaan tahun erositelah menurunkan gunung secara signifikan , dan hari ini ketinggian rata-rata mereka adalah antara 914 dan 1.220 meter (3.000 hingga 4.000 kaki). Puncak tertinggi adalah Gunung Narodnaya dengan ketinggian 1.895 meter (6.217 kaki).

Dataran Tinggi

Dataran Tinggi

Asia adalah rumah bagi banyak dataran tinggi , daerah dataran tinggi yang relatif datar. Dataran tinggi Iran mencakup lebih dari 3,6 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi), meliputi sebagian besar Iran, Afghanistan, dan Pakistan. Dataran tinggi tidak rata rata, tetapi berisi beberapa pegunungan tinggi dan daerah aliran sungai yang rendah . Puncak gunung tertinggi adalah Damavand, pada 5.610 meter (18.410 kaki). Dataran tinggi ini juga memiliki dua gurun besar, Dasht-e Kavir dan Dasht-e Lut.

Dataran Tinggi Deccan membentuk sebagian besar bagian selatan India. Ketinggian rata-rata dataran tinggi adalah sekitar 600 meter (2.000 kaki). Berbatasan dengan tiga pegunungan: Pegunungan Satpura di utara, dan Ghats Timur dan Barat di kedua sisinya. Dataran tinggi dan saluran air utamanya—sungai Godavari dan Krishna—berlereng perlahan ke arah Ghats Timur dan Teluk Benggala.

Dataran Tinggi Tibet biasanya dianggap sebagai wilayah terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam sejarah Bumi. Dikenal sebagai “Atap Dunia”, dataran tinggi ini mencakup area sekitar setengah ukuran Amerika Serikat yang berdekatan dan rata-rata lebih dari 5.000 meter (16.400 kaki) di atas permukaan laut. Dataran Tinggi Tibet sangat penting bagi siklus air dunia karena sifatnya yang luar biasajumlah gletser. Gletser ini mengandung volume es terbesar di luar kutub s. Es dan salju dari gletser ini mengaliri sungai terbesar di Asia . Sekitar 2 miliar orang bergantung pada sungai yang dialiri oleh gletser dataran tinggi.