Fakta Seputar Geologi Yang Menarik

Fakta Seputar Geologi Yang Menarik

Bahkan orang yang tidak terlalu tertarik dengan geologi terkadang senang mempelajari beberapa fakta menarik dan aneh tentang dunia kita. Salah satu dari mereka, sendirian, kemungkinan besar akan memenuhi syarat sebagai hal sepele, sejauh pengetahuan tentang mereka kemungkinan besar tidak akan sangat berguna; mereka menyenangkan untuk diketahui. Kemudian lagi, siapa yang tahu kapan informasi itu mungkin berguna?

1. Tiga poin

Ada tempat yang dikenal sebagai Cape Three Points, di Teluk Guinea, yang juga disebut sebagai “daratan yang paling dekat ke mana pun”. Alasan dari julukan yang aneh ini adalah karena tempat ini merupakan daratan yang paling dekat dengan titik di lautan dimana garis katulistiwa yang berada pada garis lintang 0 derajat bertemu dengan garis bujur 0 derajat. Dengan kata lain, penunjukan koordinat adalah nol derajat dengan nol derajat.

2. Danau besar

Danau terbesar di dunia adalah danau air asin, umumnya dikenal sebagai Laut Kaspia, meskipun itu sama sekali bukan laut. Danau itu berukuran lebih dari 143.000 mil persegi, membuatnya empat kali lebih besar dari danau terbesar berikutnya, Danau Superior, yang luasnya hampir 32.000 mil persegi.

3. Badan air tawar

Badan air tawar

Hanya menghitung volume total air, danau air tawar terbesar di dunia adalah Danau Baikal. Meskipun luas permukaannya hanya sedikit di atas 12.000 mil persegi, itu melebihi kedalaman 5.300 kaki di beberapa tempat. Danau ini mengandung lebih banyak air daripada gabungan kelima Danau Besar dan juga merupakan danau terdalam di dunia.

4. Petani kuno

Tempat di tempat yang sekarang Turki tidak diragukan lagi subur dan bagus untuk menanam tanaman ribuan tahun yang lalu. Lebih dari 8500 tahun yang lalu, penduduknya sudah menanam kacang polong, gandum, lentil, barley dan 10 tanaman pangan lainnya. Mereka juga punya ternak. Ini menjadikan mereka salah satu petani paling awal yang pernah kami ketahui.

5. Jalur air lintas benua

Sungai Amazon dimulai pada titik yang berjarak lebih dari 100 mil dari Samudra Pasifik, ke barat, namun mengalir ke timur, melakukan perjalanan lebih dari 4000 mil sebelum mencapai Samudra Atlantik. Beberapa anak sungai Amazon memiliki panjang lebih dari 1000 mil, dan sungai ini memiliki lebih banyak anak sungai daripada sungai lain di dunia. Diperkirakan bahwa 20% dari semua air yang dibawa oleh semua sungai yang mengalir ke lautan, melewati mulut Amazon seluas 200 mil.

6. Disappearing falls

Air Terjun Niagara bergerak ke hulu dengan kecepatan sekitar 300 kaki setiap abad. Nantinya, itu akan mencapai Danau Erie, sumbernya. Ketika itu terjadi, danau akan mengering sepenuhnya dan tidak ada lagi, begitu juga air terjun. Namun, jangan khawatir tentang acaranya. Dengan kecepatan pergerakan air terjun saat ini, dibutuhkan waktu sekitar 25.000 tahun untuk mencapai Danau Erie.

7. Taman Nasional Air Terjun

Taman Nasional Air Terjun

Dari 10 air terjun tertinggi di dunia, dua di antaranya termasuk yang tertinggi kedua, terletak di Taman Nasional Yosemite di California. Yosemite Falls, yang merupakan yang tertinggi kedua di dunia, turun hampir 2.500 kaki.

8. Gua dan kandang kuda

Diyakini bahwa Yesus lahir di palungan di kota Betlehem. Namun, berbeda dengan adegan kelahiran Yesus yang sering ditampilkan pada waktu Natal, kandang itu sebenarnya adalah gua buatan manusia yang dipahat dari batuan dasar batu pasir. Palungan, awalnya palungan yang dibangun di dinding gua, masih ada sampai sekarang.

9. Pulau-pulau besar

Dari 15 pulau terbesar di dunia, empat di antaranya adalah pulau Kanada, termasuk yang terbesar kelima.

10. Karang yang sangat besar

Karang yang sangat besar

Menurut informasi dari http://maxbet.website/ bahwa Great Barrier Reef mencakup wilayah yang lebih luas dari beberapa negara bagian AS dan kira-kira seluas Kansas, secara keseluruhan. Pada titik terdekatnya, terumbu karang hanya berjarak sekitar lima mil dari Australia dan meskipun tidak berlanjut, hampir mencapai Papua Nugini. Karena terbuat dari kerangka karang yang tak terhitung jumlahnya, Great Barrier Reef adalah bangunan terbesar yang dibangun oleh makhluk hidup mana pun, di Bumi.