5 Mineral Termahal Yang Ditemukan Oleh Ahli Geologi

Pernahkah Anda menonton acara TV realitas yang mengikuti para pemburu batu dan permata saat mereka mencari harta karun di bebatuan dan sungai? Meskipun kepercayaan populer bahwa perburuan emas menghasilkan potensi terbesar untuk membuatnya kaya, emas bukanlah mineral termahal di dunia.

Itu bernilai jumlah yang lumayan, tetapi sebenarnya ada 5 mineral lain yang mendapatkan harga lebih tinggi.

Logam mulia dan batu permata semuanya termasuk dalam kategori mineral, tetapi mungkin akan mengejutkan Anda untuk mengetahui mana yang memiliki nilai tertinggi saat ini.

Dibawah ini depoxito telah merangkum untuk Anda 5 mineral termahal di dunia saat ini yang bisa Anda lihat, ada yang lebih mahal dari berlian lho!

Berikut Ini Adalah 5 Mineral Termahal Di Dunia Saat Ini:

5. Ruby – $ 1.000.000 per karat

Rubi adalah mineral termahal keempat di dunia saat ini. Permata berwarna merah ini cukup banyak, tetapi kualitas setiap permata yang menentukan nilainya.

Ruby berukuran besar dengan warna merah darah dengan kilau berkilau, potongan bersih dan ukuran yang adil adalah yang paling berharga per karatnya.

Pewarnaan merah berasal dari keberadaan kromium di awal proses pembentukannya. Mereka diklasifikasikan berdasarkan warna, kualitas dan kelasnya, mirip dengan berlian dan permata berharga lainnya dengan contoh paling sempurna yang sangat dihargai karena kelangkaannya daripada contoh yang lebih rendah.

Sebuah ruby ​​berkualitas tinggi yang sempurna bisa mencapai hingga $ 1.000.000 per karat dengan contoh batu yang lebih halus akan lebih berharga ketika ditempatkan dalam pengaturan yang disempurnakan untuk perhiasan dengan logam mulia. Sebuah ruby ​​Burma yang besar baru-baru ini dijual dengan harga $ 30 juta.

4. Blue Garnet – $ 1,5 juta per karat

Garnet ditemukan dalam berbagai warna termasuk kuning, merah, ungu, merah muda, oranye, coklat dan hijau, tetapi yang paling berharga dan langka adalah garnet biru. Garnet biru pertama ditemukan di Madagaskar pada 1990-an.

Sejak saat ini, blues telah ditemukan di Turki, Rusia, dan Amerika Serikat, dan ditambang dari lokasi di negara-negara ini. Nilai saat ini dari mineral mahal ini adalah $ 1,5 juta per karat.

Jumlah vanadium yang tinggi dalam proses perkembangan memberi warna intens pada garnet biru. Vanadium dapat menghasilkan warna keunguan, tetapi dalam jumlah yang tepat akan menghasilkan warna biru cerah yang membuat batu tersebut berharga mahal.

3. Serendibite – $ 1,8 – 2 juta per karat

Serendibite adalah mineral yang tidak biasa seperti kebanyakan mineral lain dalam daftar kami. Hanya ada dua tempat di dunia di mana batu langka berwarna cyan ini terungkap. Satu lokasi adalah Mogok di Burma Utara dan lokasi lainnya adalah Ratnapura di Sri Lanka. Serendibite dibuat dalam proses yang sangat kompleks yang mencakup berbagai molekul berbeda yang bersatu dalam proses pembentukan. Dibutuhkan sedikit aluminium, kalsium, boron, magnesium, silikon dan oksigen untuk berkumpul di satu lokasi. Hanya ada tiga Serendibite segi yang masih hidup yang diketahui ada saat ini dalam ukuran 0,35 karat, 0,55 karat, dan 0,56 karat. Dengan hanya tiga di seluruh dunia, tidak heran jika mereka dihargai $ 1,8 hingga $ 2 juta per karat.

2. Berlian Merah – $ 2 – 2,5 juta per karat

Berlian adalah mineral yang dikenal sebagai “A girl’s best friend”, tetapi nilainya ada di mana-mana karena tidak semua berlian diciptakan sama. Mereka ditemukan dalam berbagai warna, kualitas dan intensitas. Berlian merah adalah salah satu berlian paling berharga di dunia. Mereka lebih langka daripada jenis lainnya dan beberapa telah ditambang dari Tambang Argyle Australia setiap tahun. Tambang itu menjualnya di pelelangan setiap beberapa tahun dengan label harga tinggi yang berkisar antara $ 2 dan $ 2,5 juta per karat. Berlian merah berwarna merah keunguan sehingga tidak mudah disalahartikan sebagai batu rubi atau garnet.

1. Jadeite $ 3 juta per karat

Mineral termahal di dunia adalah Jadeite atau lebih dikenal dengan nama batu giok, dengan harga $ 3 juta per karat. Yang membuat mineral ini begitu mahal adalah kelangkaan dan keindahannya. Batu permata Jadeite memiliki variasi warna hijau, beberapa dengan warna putih kehijauan, dan lainnya berwarna putih dengan bintik-bintik hijau. Setiap batu itu unik, namun tidak salah lagi Jadeite. Jadeite ditemukan di dalam batu permata mineral Jade yang berharga. Di zaman kuno, batu giok digunakan untuk membuat kepala kapak serta untuk perhiasan. Satu item perhiasan batu giok dijual di lelang dengan harga luar biasa $ 9,3 juta pada akhir 1990-an.

Lihat juga: Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Gelar Geologi?